Pentingnya Peranan Seorang Ayah dalam Menegur dan Mendidik Anak-anaknya

10 Feb 2022  | 234x | Ditulis oleh : Penulis
Pentingnya Peranan Seorang Ayah dalam Menegur dan Mendidik Anak-anaknya

Sebagai orang tua tentunya kita wajib dalam mendidik anak-anak kita agar menjadi anak yang patuh terhadap kedua orang tua nya. Tapi pada kenyataannya banyak juga anak yang seperti tidak memperdulikan perintah atau omongan dari orang tua nya. Terlebih lagi jika seorang ibu yang menegur, si anak seperti tidak ada takut sama sekali, bahkan terkadang anak tersebut seperti tidak menganggap sama sekali omongan dari ibunya. Disinilah pentingnya peranan seorang ayah untuk menegur dan mendidik anaknya agar lebih takut dan tidak melawan kepada kedua orang tuanya.

Berikut beberapa kesimpulan bahwa figure seorang ayah akan lebih didengarkan oleh anak-anaknya;

1. Sesungguhnya anak lebih mudah dengar ayah berbanding ibu. ibu marah setiap hari pun, anak tidak dengar tapi ayah satu kata saja langsung menusuk jiwanya.

2. Sesungguhnya anak lebih takut dan segan bila ayah marah. Ibu kalau marah, anak bisa ketawa lagi tapi kalau ayah yang marah semua kecut diam.

3. Sesungguhnya anak lebih menunggu pujian dan teguran dari ayahnya berbanding ibu. Pujian dari ayah memberi rasa gratification ( kepuasan ) dan teguran ayah memberi rasa self-reflection ( muhasabah diri )

4. Sesungguhnya anak lebih cepat mengikuti gaya ayahnya berbanding ibu. Ini fitrah anak-anak, apa yang ayah buat anak cepat sekali mengikuti, maka jadilah contoh teladan yang terbaik buat anak anakmu wahai ayah.

5. Sesungguhnya dalam hati setiap anak ayah adalah pahlawan sejati mereka, hanya ayah yang boleh berikan anak rasa selamat, rasa secure dan rasa diri dia berharga ( self-esteem)

6. Sesungguhnya anak lebih risau kalau ayah melihat kesalahan dia dibandingkan ibunya. Ini karena di mata sang anak, dia ingin kelihatan sempurna di depan ayahnya.

7. Sesungguhnya dikala anak bertemu dengan kawan-kawannya, mereka selalu cerita dan membanding bandingkan kehebatan ayah masing - masing. Karena ayah adalah simbol kebanggaan setiap anak.

Ruginya kita kalau absen soal mendidik dan memperbaiki perilaku sang anak jika tidak dilakukan oleh kedua orangtuanya. Karena mendidik perilaku anak agar lebih baik adalah tanggung jawab bersama, terlebih lagi seorang ayah yang harus lebih berperan dalam hal mendidik anak seperti yang sudah dibahas tadi.

Berikut ini beberapa dampak positif jika sang ayah lebih berperan mendidik anak;

  • Anak lebih baik tingkah lakunya ( PQ )
  • Anak lebih stabil emosinya ( EQ )
  • Anak lebih cerdik kognitif judgement ( IQ )
  • Anak lebih tinggi harga dirinya ( SQ )

Itulah pentingnya sang ayah juga ikut berperan dalam mendidik anak, yang seharusnya memang lebih dominan karena lebih didengarkan oleh anak-anaknya.

Semoga Bermanfaat.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Tryout Online
Scroll Top