Lebih Baik ASI atau Susu Formula? Manakah Yang Akan Anda Pilih?

30 Nov 2021  | 445x | Ditulis oleh : Penulis
ASI vs Susu Formula

Sebagai ibu baru pastinya anda akan merasa bimbang, karena menyusui adalah hal baru dan pertama kalinya bagi anda. Jangan sampai karena tidak mau menyusui bayi anda, anak yang baru lahir tersebut sampai terlantar tanpa diberikan makanan pertamanya. Anak yang baru lahir tentunya perlu kita jaga dan sayangi dengan setulus hati. Masalah apapun yang mengganggu jangan sampai membuat bayi anda jadi ditelantarkan.

Apalagi jika masalahnya adalah karena anda bingung untuk memberikan ASI atau susu formula. Nah banyak orang yang menghakimi ibu yang tidak menyusui dan lebih memilih susu formula. Kemudian bagi ibu yang menyusui full time juga terkadang stress karena harus bekerja. Jadi sebaiknya sebelum membahas lebih lanjut tentang susu ASI dan formula. Anda ubah pikiran anda dahulu, meskipun anda menyusui dengan ASI atau susu formula. Tidak ada yang salah, hidup itu kan pilihan. Karena yang terpenting menjadi seorang ibu adalah anda tetap memperhatikan anak anda.

Susu ASI adalah susu yang berasal dari ibu. Jadi setiap ibu yang habis melahirkan bayi, susu ASI akan keluar. Namun ada yang membuatnya berbeda-beda. Ada ibu yang lancar atau deras mengeluarkan susu ASI. Ada juga yang tidak sama sekali keluar atau hanya sedikit saja. Jadi anda jangan merasa kecewa jika susu ASI keluar tidak banyak. Nah manfaat susu ASI sendiri bagi anak banyak sekali.

Menurut dokter di hampir seluruh dunia menyarankan susu ASI untuk anak, kenapa? Susu ASI memiliki berbagai vitamin yang bisa meningkatkan imun tubuh bayi. Jadi bayi jadi jarang sakit dan sebagainya. Nah...susu ASI juga bisa membuat gizi anak anda terpenuhi. Jadi tidak ada yang bisa mengalahkan susu ASI.

Susu ASi selalu menjadi saran untuk selalu diminum bayi. Namun anda yang ASInya tidak keluar banyak atau sama sekali tidak keluar jangan bersedih hati. Tentunya ada pilihan susu formula. Susu formula ini banyak sekali mereknya. Nah terkadang setiap merek menawarkan hal yang berbeda. Zat dan vitamin yang ditawarkan berbeda. Harga yang ditawarkan juga berbeda-beda. Untuk anda yang bingung mau pilih susu formula merek apa. Sebaiknya bukan memilih dari harga yang mahal.

Pilih apakah susu formula itu cocok tidak dengan anak anda. jadi beli yang kemasan kecil saja dahulu. Jika tidak menimbulkan bintik merah atau reaksi alergi apapun lanjutkan. Nah terkadang juga ada yang tidak cocok dengan susu formula dan anak mencret. Jadi jangan menyerah untuk memilih yang cocok.

Susu formula juga sebaiknya jangan hanya berpacu pada susu sapi. Hal ini dikarenakan ada anak yang alergi dengan susu sapi. Seperti yang sudah disebutkan di atas jika anak anda tidak ada reaksi alergi seperti bintik-bintik atau keanehan lainnya lanjutkan. Tetapi jika ada keanehan sedikit saja, segera periksakan ke dokter dan minta konsultasi. Ada pilihan susu kedelai yang juga menjadi susu formula jadi anda jangan berkecil hati. Namun tetap harus konsultasi ke dokter dahulu.

Pilihan susu ASI dan formula ada di tangan anda. Jika anda ingin memberikan dua-duanya karena ASI keluar sedikit tidak apa-apa. Jadi anda bisa memompa susu ASi yang seadanya. Jika sudah habis berikan susu formula. Nah anda juga bisa mencari donor ASI jika ingin sekali anak minum susu ASI. Tetapi donor ASI ini harus dilihat siapa pendonornya jangan sembarangan juga ya mom!

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Tryout Online
Scroll Top