Lebih Jauh Mengenal Spinal Cord Injury, Sakit yang Diderita Laura Anna Gegara Kecelakaan dengan Gaga Muhammad

15 Des 2021  | 150x | Ditulis oleh : Penulis
Spinal Cord Injury

Setelah namanya banyak dibicarakan karena menjadi korban dari kelalaian kekasihnya sendiri, Laura Anna dikabarkan sudah meninggal dunia pada hari ini Rabu 15 Desember 2021. Memang diketahui, sebelumnya Laura Anna tengah berjuang mencari keadilan terkait kasus kecelakaan dengan mantan pacarnya, Gaga Muhammad, Desember 2019 lalu. Akibat kecelakaan tersebut, Laura Anna menderita lumpuh yang dalam istilah medisnya dikenal dengan spinal cord injury alias cedera sumsum tulang belakang.

Apa itu spinal cord injury?

Melansir laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Rabu, spinal cord injury merupakan kerusakan pada sumsum tulang belakang yang terjadi akibat trauma (misalnya kecelakaan mobil), penyakit, atau degenerasi (misalnya kanker). Spinal cord injury terjadi saat terjadi keretakan pada tulang yang merusak sumsum tulang belakang dan sarafnya.

Dalam beberapa kasus, cedera ini dapat benar-benar memutuskan atau membelah sumsum tulang belakang. Sumsum tulang belakang memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh, termasuk menyampaikan pesan antara otak dan seluruh tubuh.

Apabila sumsum tulang belakang mengalami cedera, maka tubuh akan kehilangan banyak fungsi pentingnya karena saraf tidak dapat berkomunikasi dengan otak. Beberapa fungsi tubuh yang dipengaruhi spinal cord injury, seperti fungsi kandung kemih dan usus, pernapasan, detak jantung, metabolisme tubuh, gerakan otot, refleks, dan sensasi.

Gejala spinal cord injury

Gejala spinal cord injury ini bergantung pada tingkat keparahan cedera dan lokasinya di sumsum tulang belakang.

Mengutip Cleveland Clinic, terdapat beberapa gejala yang mungkin terjadi, di antaranya:

  • Kelemahan pada lengan dan atau kaki
  • Penurunan sensasi pada lengan dan atau kaki
  • Kehilangan kontrol kandung kemih atau usus
  • Sakit parah atau tekanan di leher atau punggung
  • Benjolan yang tidak biasa di sepanjang tulang belakang
  • Kesulitan bernapas

Lantas, apakah cedera sumsum tulang belakang permanen?

Spinal cord injury dapat berlangsung secara permanen apabila penderita mengalami kelumpuhan total yang mempengaruhi fungsi tubuh. Kasus cedera sumsum tulang belakang total menyebabkan kelumpuhan keempat anggota badan (quadriplegia) atau bagian bawah tubuh (paraplegia). Adapun untuk spinal cord injury sebagian, di mana beberapa fungsi tubuh tetap berjalan, dapat dilakukan beberapa perbaikan fungsional dari waktu ke waktu. Pengobatan spinal cord injury dapat dilakukan melalui beberapa metode, termasuk pembedahan, suntikan kortikosteroid, dan pemberian obat.

Dari kasus Laura Anna kita jadi tahu bahwa penyakit Spinal cord injury bisa dibilang mematikan, karena untuk pengobatannya diperlukan penanganan khusus dan juga kesabaran tinggi dari si pasien sendiri.

#Tag
Artikel Terkait
Mungkin Kamu Juga Suka
Tryout Online
Scroll Top